rss

Rabu, 17 Februari 2010

Tips Mendapatkan Banyak Komentar

Berapa kali anda membuat postingan baru dalam sepekan? Dua, tiga atau bahkan dalam sehari anda membuat postingan lebih dari satu kali? Tentu saja konten yang unik dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunjung blog anda. Tapi apakah mereka benar-benar suka dan paham dengan apa yang anda tulis? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Salah satu indikator pengunjung tertarik dengan postingan anda adalah mereka senantiasa memberikan komentar yang baik dan memang benar-benar akan belajar dan mendapatkan ilmu dari postingan anda.

Apabila di dalam blog anda terdapat konten ataupun postingan yang menurut anda sangat menarik namun jarang sekali komentar yang diberikan maka ada beberapa cara jitu untuk mendapatkan komentar yang lebih dari para pengunjung blog anda.
Berikut ini kami sampaikan tips untuk merangsang komentar di blog Anda adalah:

- Tulis artikel yang mengacu atau fokus pada Blogger lain.
- Beri pembaca Anda pertanyaan pada di akhir artikel.
- Tulis tentang topik yang memancing percakapan, seperti kejadian terkini (berpikir politik, berita, hiburan).
- Menulis artikel yang kontroversial.
- Sabar.

Nah, selanjutnya ini dia tips tambahan untuk memperoleh lebih banyak komentar di Blog Anda:

1. Mengundang Komentar – Bila Anda lihat di blog saya ini, di setiap akhir artikel selalu saya tuliskan kalimat “Comment please”, inilah yang disebut “mengundang komentar”. Hal ini akan memicu respon pembaca dan akan meningkatkan persentase pembaca yang meninggalkan komentar. Juga harus diingat bahwa pembaca baru yang belum memahami blogging tidak selalu tahu tentang komentar atau cara menggunakannya – Karena itu, Anda perlu “Mengundang Komentar” kepada pembaca Anda.

2. Jangan membahas sesuatu secara selengkap-lengkapnya - Jika Anda mengatakan semuanya tentang topik yang sedang Anda bahas, kecil kemungkinan bagi pembaca lainnya untuk menyampaikan pendapat mereka. Mungkin memang benar kita harus menyampaikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pembaca, namun Anda juga harus meninggalkan “ruang” bagi pembaca Anda. Nah, disinilah dibutuhkan kreatifitas Anda dalam menulis. Tinggalkan sedikit ruang bagi pembaca tanpa membuat artikel Anda janggal dan terkesan “sengaja dibuat tidak jelas agar mendapat banyak komentar”, karena hal ini justru akan membuat pembaca Anda cepat pergi.

3. 'Hadiah' Komentar – Anda bisa menawari “imbalan” bagi pembaca yang meninggalkan komentar di Blog Anda. Dalam hal ini, saya tidak membatasi untuk memberi imbalan berupa materi secara langsung. Yang saya maksud disini adalah hadiah berupa “Penghargaan” Anda kepada para komentator Blog. Contohnya:

- Membuat postingan Top Komentator perminggunya
- Jika Blog Anda berPagerank tinggi (Misalnya, pagerank 3), jadikan Blog Tersebut Do Follow dan cantumkan keterangan “U comment, I Follow” di halaman muka Blognya.

4. Rendah hati – Pembaca akan merespon dengan baik posting yang menunjukkan kelemahan anda sendiri, kesalahan dan kesenjangan dalam pengetahuan anda sendiri daripada postingan yang menggambarkan Anda sebagai orang yang megetahui semuanya.

5. Yang terakhir, cara memperbanyak komentar di Blog Anda adalah dengan meninggalkan komentar di Blog orang lain – Cara ini lumayan ampuh, khususnya bagi Blogger yang masih baru biasanya akan sangat senang jika mendapatkan sebuah komentar di Blognya dan akan membalas dengan mengunjungi dan turut berkomentar di Bog Anda.

Jadi – bagaimana menurut Anda? Apakah Anda ingin meninggalkan komentar? (harus minta)?


Sumber:

http://denadnan.blogspot.com

0 komentar:

Translate

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch
 

Exclusive Mails

exclusivemails.net

Geal Geol